perawatan mobil

Wajib Perawatan Kendaraan Di Bengkel Resmi Karena Alasan Ini!

Bengkel dan Dealer Terbaru

TuasD. Di Indonesia, keberadaan bengkel perbaikan otomotif itu tersebar dimana-mana. Bisa dibilang, semua provinsi di Indonesia punya bengkel masing-masing. Mulai dari bengkel resmi sampai bengkel biasa. Menurut pembaca sekalian, lebih baik merawat kendaraan dimana, bengkel resmi atau bengkel biasa?perawatan bengkel resmi

Kalau ditanya pendapat pribadi, saya sendiri lebih suka merawat kendaraan di bengkel resmi. Kenapa ya kira-kira?

Ulasan TuasD.com kali ini ingin mengupas arti pentingnya melakukan perawatan kendaraan bermotor di bengkel authorized (resmi). Jangan terpengaruh yang berkata bahwa di tempat tersebut biayanya sangat mahal. Ingat, soal biaya relatif. Bagaimana kita bisa berkata di sana-sini murah tanpa ketahui perbandingan kualitas? Masih yakin kalau di bengkel non resmi itu pasti lebih murah? Bagaimana kalau sebaliknya?

Alasan Merawat di Bengkel Resmi

  1. Proses Pengerjaannya Oke. Proses pengerjaan yang dilakukan di bengkel resmi tentu saja lebih oke dibandingkan dengan bengkel biasa. Pengerjaannya juga sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Belum lagi tenaga mekaniknya yang sudah profesional. Otomatis proses pengerjaannya dilakukan secara teliti dan benar, bukan asal-asalan.
  2. Lebih Lengkap. Dari segi perlengkapan, bengkel resmi tentu saja memiliki perlengkapan yang lebih lengkap dibandingkan bengkel biasa. Peralatan yang digunakan juga cukup canggih dan up to date. Sehingga hasilnya juga lebih oke. Peralatan yang digunakan selama memperbaiki mobil Anda juga original semua ya. Jadi, ga perlu takut kalau mobilmu cepat rusak. Tenang saja, alat-alat yang digunakan sudah sesuai standar, jadi ga akan merusak mobilmu.
  3. Paham teknologi. Perkembangan dunia otomotif di Indonesia mengalami kemajuan yang sangat pesat. Dan kemampuan mekanik harus selalu diasah. Jika pabrikan mobil dan motor meluncurkan tipe dengan teknologi baru, maka sebelum di-launching pihak mekanik akan dikumpulkan dan dilakukan training. Setelah semuanya paham dan aftersales (purna jual) siap terhadap teknologi tersebut, barulah tipe terbaru tersebut diluncurkan. Contohnya seperti peluncuran Honda Vario terbaru yang sarat dengan teknologi andalan yang tersembunyi. Di awal peluncuran, hanya mekanik dari dealer resmi merek tersebutlah yang paham terhadap fitur-fitur canggihnya.
  4. Lebih Terpercaya. Bengkel resmi tentu lebih terpercaya dibandingkan bengkel biasa. Mulai dari proses pengerjaannya, peralatan yang digunakan, hingga tenaga mekanik yang mengerjakan mobil rusak milikmu. Bengkel-bengkel resmi biasanya sudah mendapat sertifikat sebelum membuka cabang di suatu wilayah. Tidak hanya itu, pembukaan bengkel resmi juga sudah mendapat perintah dari perusahaan mobil yang bersangkutan.
  5. Bergaransi. Inilah kelebihan bengkel resmi dibandingkan bengkel-bengkel biasa. Dimana bengkel resmi menawarkan garansi kepada setiap pengunjung yang melakukan perawatan kendaraan. Adapun garansi yang diberikan berupa biaya perbaikan atau servis gratis apabila ada kendala yang timbul setelah memperbaiki mobil tersebut. Akan tetapi, garansi hanya diberikan dalam kurun waktu tertentu saja. Misalnya, satu atau dua minggu setelah servis. Kalau kendaraan Anda mengalami masalah dalam tenggang waktu tersebut, silahkan bawa ke bengkel resmi untuk diperbaiki lagi. Nah, saat perbaikan mobilmu masih dalam masa garansi, Anda juga tidak perlu membayar. Yang gratis-gratis gini nih yang paling disukai. Benar, kan?
  6. Sparepart Original. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, semua peralatan yang dipakai saat menservis mobil merupakan peralatan ori. Tidak hanya alat-alatnya saja, sparepart yang dijual juga ori semua. Jadi, Anda tidak akan menemukan yang namanya “sparepart KW” di bengkel-bengkel resmi. Nah, semua sparepart yang dijual disini juga sudah memenuhi standar yang berlaku. Ketika dirimu ingin mengganti sparepart, langsung datangi bengkel-bengkel resmi terdekat. Tapi ingat ya, harga sparepart asli jauh lebih mahal kalau dibandingkan dengan sparepart KW. Jadi, siap-siapkan kantong ya! Tapi ingat, onderdil yang orisinil akan mengurangi resiko masalah di masa mendatang!
  7. Ruang Tunggu Lebih Nyaman. Alasan terakhir kenapa saya suka merawat di bengkel resmi adalah fasilitas ruang tunggu yang super duper nyaman. Semua fasilitas yang ditawarkan di bengkel resmi ga akan Anda temukan di bengkel-bengkel biasa. Kalau biasanya ruang tunggumu hanya ruangan kecil yang sangat sederhana, jelas beda dong kalau dibandingkan dengan ruang tunggu di bengkel resmi. Ruang tunggu di bengkel resmi biasanya dilengkapi dengan fasilitas yang sungguh memanjakan tamu. Mulai dari sofa, snack, minuman, hingga koneksi wi-fi yang super kencang. Menunggu mobil berjam-jam pun jadi nikmat karena semua fasilitas yang diberikan bengkel resmi.

Itulah 7 alasan kenapa merawat kendaraan di bengkel resmi lebih disarankan. Tapi, semuanya balik lagi ke diri kita masing-masing. Kalau kita sudah nyaman dan betah merawat mobil di bengkel biasa. Apa mau dikata? Resiko di masa mendatang ditanggung oleh anda sendiri.

Bagikan yuk..

Comments are closed.