cek kondisi mobil

Liburan Sempurna Jika Cek Kondisi Mobilmu Pada Bagian Ini!

Tajuk Utama Terbaru

Hawa liburan semakin terasa memasuki Bulan Desember. Senang? Jelas dong! Kapan lagi kita bisa menikmati indahnya hidup kalau tidak pas liburan. Maka gak heran kenapa orang senang sama yang namanya liburan.

Liburan juga menjadi momen yang pas untuk menjauhkan diri dari padatnya rutinitas sehari-hari. Tapi, pergi liburan tak segampang kelihatannya. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Salah satunya adalah kendaraan pribadi sebagai transportasi selama liburan. Contohnya jika anda pergi ke pantai di pesisir jawa Barat yaitu pantai Pangandaran, maka hanya bisa ditempuh dengan transportasi darat berupa mobil, motor atau transportasi bis umum.

Ngomong-ngomong soal kendaraan, mobil menjadi kendaraan paling oke untuk dibawa liburan. Nah, agar perjalananmu juga tambah oke, ini dia hal yang harus dicek sebelum pakai mobil untuk liburan.

Persiapan Mobil Untuk Liburan

Hal yang harus kalian perhatikan yaitu:

  1. Oli Mesin dan filter. Hal pertama yang harus diperiksa adalah oli mesin. Pastikan volume oli mesin cukup untuk melakukan perjalanan jauh. Untuk mengetahui besarnya volume oli mesin, kamu bisa memeriksa level pada bagian stik mobil. Perhatikan level oli yang menempel pada stik tersebut. Letak garis oli mesin yang cukup biasanya diantara huruf L dan F. Kalau letak garisnya berada sedikit di bawah huruf F, masih aman. Nah, kalau garisnya sudah jauh berada di bawah huruf F, sebaiknya isi kembali mesin oli milikmu sesuai dengan jarak yang akan kamu tempuh. Sedangkan untuk filter olie, sebaiknya lakukan penggantian juga saat ganti olie.
  2. Air Radiator dan Selang. Sebelum bepergian, kamu juga perlu mengecek bagian air radiator. Pastikan air radiator terisi penuh dan air reservoir mencapai batas yang sudah ditentukan. Tapi, ingat, air reservoir tidak boleh terlalu penuh. Kenapa? Takutnya air reservoirnya jadi tumpah sehingga akan menimbulkan masalah baru selama di perjalanan. Selain memeriksa air radiator, kamu juga perlu memeriksa bagian selangnya. Apabila selang radiator sudah menggelembung atau retak, sebaiknya gantilah dengan selang yang baru untuk menghindari selang pecah di tengah-tengah perjalanan. Kamu juga perlu memperhatikan sambungan selang ke mesin dan radiator tidak bocor.
  3. Filter dan Selang Bensin. Pastikan juga kalau filter bensin mobil kesayanganmu tidak tersumbat, begitu juga dengan selangnya. Apabila filter dan selang bensin mengalami keretakan, bocor, atau tersumbat, lebih baik ganti dengan yang baru agar tidak mengganggu ketenangan saat liburan. Perlu diingat, filter mobil biasanya sangat rentan sama yang namanya debu dan kotoran. Pastikan kamu benar-benar membersihkan bagian ini agar kenyamanan saat berkendara pun terwujud.
  4. AC Mobil. Hal yang paling menyebalkan saat di perjalanan adalah macet, udara panas, dan ac mati. Kalau hal ini terjadi, kamu pasti jadi malas menyetir. Agar hal ini tidak terjadi di perjalanan, alangkah baiknya jika kamu juga memeriksa bagian ac mobil. Perhatikan apakah ac mobil bekerja dengan baik atau tidak. Jika hembusan ac mobil terasa panas, itu berarti ada komponen ac yang rusak atau tersumbat. Untuk itu, bawalah mobilmu ke bengkel langganan untuk segera diperiksa.
  5. Timing Belt. Bagian yang tidak boleh dilupakan adalah timing belt. Bagian ini perlu diganti secara berkala apabila sudah mencapai jarak tempuh maksimum. Adapun jarak tempuh maksimumnya yaitu sejauh 50.000 km. Untuk mengetahui jarak tempuh mobil kesayangan, kamu bisa langsung mengeceknya di bagian spidometer. Jika kamu membiarkan spidometer lama terus menempel di mobil kesayanganmu, yang ada masalah akan timbul selama di perjalanan.
  6. Busi dan Pengapian. Secara normal penggantian busi terjadi setiap 20 ribu km. Jika anda menggunakan mobil yang masih baru dengan kilometer di bawah 5000 km, tentu saja belum perlu melakukan penggantian sebagai persiapan liburan dengan menggunakan mobil.
  7. Cek Aki dan Kabel. Ini sangat penting dilakukan bagi pemilik mobil sebagai persiapan. Bahkan jika perjalanan jauh, sebaiknya saat tiba di tujuan liburan, melakukan pengecekan kembali. Mesin yang panas dan perjalanan di siang hari yang terik, sangat berpengaruh terhadap kondisi penguapan air aki. Yang terparah jika over heat, maka kabel aki juga bisa meleleh. Ini sangat berbahaya jika lolos dari pengamatan.

Mau liburanmu aman dan nyaman? Jangan hanya mempersiapkan makanan, pakaian, dan dan uang saja ya. Kamu juga perlu mengecek setiap komponen mobil dengan teliti di bengkel mobil resmi agar perjalananmu aman dan nyaman sampai ke tempat tujuan.

Happy holiday!

Bagikan Yuk..

Comments are closed.