pulang kampung

Mudik Pakai Sepeda Motor? Siapa Takut!

Tajuk Utama Terbaru

Liburan yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga! Dan sebagian dari masyarakat Indonesia mengisinya dengan mempersiapkan diri untuk mudik ke kampung halaman. Biasanya kegiatan ini dilakukan pada saat hari lebaran atau di akhir tahun. Karena keduanya identik dengan libur panjang. Bulan Desember merupakan bulan penuh sukacita. Kenapa? Karena di bulan inilah libur panjang akan dimulai. Ada rencana buat mudik saat liburan nanti?

Nah, jika kamu berencana untuk mudik, kamu perlu menyiapkan segala sesuatunya dengan matang, termasuk transportasi yang akan digunakan selama mudik nanti. Kebanyakan dari kita mungkin lebih suka naik mobil untuk mudik. Tapi bosan dong kalau naik mobil terus, gimana kalau mencoba hal yang berbeda? Naik motor misalnya? Kalau kamu berencana mudik dengan sepeda motor, ini dia beberapa hal yang perlu kamu persiapkan.

Sipkan Perlengkapan Selama di Perjalanan

Mudik dengan sepeda motor lebih berisiko dibandingkan mobil. Wajar saja, sepeda motor tidak dilengkapi kabin, juga bodi yang lengkap sehingga kita perlu menyiapkan semua perlengkapan yang kita butuhkan selama diperjalanan. Misalnya, helm, jaket, sepatu, kaos kaki, celana panjang, sarung tangan, masker, dan jas hujan. Semua perlengkapan ini menjadi perlengkapan wajib yang perlu dipersiapkan. Semua perlengkapan yang kamu butuhkan perlu dipersiapkan sehari sebelum keberangkatan. Jika ternyata salah satunya tidak lengkap, kamu dapat membelinya sehingga perjalananmu jauh lebih aman.

program tuasd

Istirahat yang Cukup

Selanjutnya, kamu perlu beristirahat dengan cukup sebelum perg mudik dengan sepeda motor. Tidur yang cukup sangat penting agar stamina tetap terjaga selama di perjalanan. Waktu tidur yang kamu butuhkan yaitu 7 – 8 jam. Jangan pernah mengendarai sepeda motor saat dirimu mengantuk. Hal ini dapat membahayakan dirimu dan si penumpang.

Mengecek Kondisi Motor

Sebelum motormu digunakan untuk menempuh perjalanan jauh, ada baiknya jika dirimu mengecek kondisi motor. Hal ini sangat penting karena kondisi motor akan mempengaruhi perjalanan mudikmu. Bayangkan saja kalau mesin motormu bermasalah, yang ada perjalananmu akan terhambat. Kamu pun harus siap menerima risiko kalau saja motormu tiba-tiba berhenti di tengah jalan. Jika perjalanan cukup jauh, hindari menngunakan kendaraan tua. Apalagi jika transmisi manual, pasti terasa sangat melelahkan. Kami sarankan menggunakan yang otomatis. Apalagi, motor matik kini mampu menggeser yang manual karena lebih praktis.

Nah, agar perjalananmu selama mudik lancar jaya, cek kondisi motor 2 – 3 hari sebelum tanggal keberangkatan. Jika ternyata ada bagian yang rusak, kamu dapat membawanya ke bengkel untuk segera diperbaiki.

Isi Bensin yang Cukup

Hal kecil ini sering diabaikan oleh pengguna sepeda motor. Kalau mau perjalananmu lancar, pastikan bensin di sepeda motormu cukup. Isilah bensin sesuai jarak yang akan ditempuh menuju ke kampung halaman. Nah, karena kapasitas bensin pada sepeda motor terbatas, pastikan ada pom bensin selama di perjalanan ya.pulang kampung

Bawa Barang yang Dibutuhkan Saja

Banyaknya barang bawaan biasanya tergantung pada berapa lama waktu yang akan kita habiskan untuk mudik. Nah, karena perjalanan kali ini menggunakan sepeda motor, alangkah baiknya kalau bawang bawaanmu dikurangi dari biasanya ya. Tujuannya agar beban motor sendiri lebih ringan, sehingga berkendara juga jauh lebih nyaman, apalagi untuk perjalanan yang cukup panjang. Jika motormu memiliki bagasi dengan kapasitas besar seperti motor Vario, tentunya akan lebih menyenangkan!

Siapkan Uang

Uang menjadi hal wajib yang harus dibawa kemanapun kita pergi, apalagi saat mudik. Uang ini bisa kamu manfaatkan untuk beli bensin, makan, minum, dan memperbaiki motor kalau saja kejadian yang tidak diinginkan terjadi di tengah jalan.

Berangkat Pagi Lebih Baik

Keadaan lalu lintas biasanya sangat macet selama arus mudik. Macet yang terjadi pun sangat parah, bisa saja kamu tertahan berjam-jam di satu titik. Untuk menghindari hal ini, alangkah baiknya untuk berangkat lebih pagi jika ingin pulang ke kampung halaman dengan jalan darat. Kamu bisa berangkat jam 5 atau jam 6 pagi untuk mencegah kemacetan tersebut. Kalau mau lebih aman lagi, kamu bisa berangkat subuh-subuh banget.

Mudik dengan motor sebenarnya jauh lebih asyik dibandingkan mobil. Walaupun risikonya lebih tinggi, tapi sensasinya sangat berbeda. Kalau kamu memang kepingin mudik naik kendaraan, lakukan persiapan yang matang ya. Perhatikan 7 poin yang telah disebutkan di atas. Mudik pakai sepeda motor? Siapa takut! Ayo ajak-ajak penggemar otomotif untuk mudik pulkam (singkatan: pulang kampung) barengan!

Bagikan Yuk..

Comments are closed.