Ketentuan Gadai Pada BPKB Mobil Yang Bisa Batalkan Nasabah

Berita Tuasd

Siapa yang tidak kuatir? Jika permohonan gadai bpkb mobil yang dijadikan sebagai solusi masalah keuangan, tiba-tiba tidak dapat diproses. Dan beberapa perusahaan pembiayaan tidak dapat menerangkan dengan detail alasan pembatalan permohonan nasabah. Anda termasuk yang kuatir seperti ini? Pastikan pelajari ketentuan yang ditetapkan oleh lembaga gadai, lalu taati aturan tersebut.

Dalam program pinjaman gadai yang disediakan leasing, khususnya dengan menggunakan jaminan bpkb mobil, ada syarat yang bersifat wajib maupun subtitusi. Sebagai nasabah yang ingin permohonannya dapat diproses, tentu saja harus lolos ketentuan yang dipersyaratkan. Apa saja ketentuan penting yang bisa membatalkan permohonan anda? Berikut ini ulasannya.

Ketentuan Penting Program Gadai

  1. Tahun pembuatan, merek dan jenis mobil. Pastikan agunan yang digadai memenuhi syarat tahun minimal pembuatan. Sekalipun suatu perusahaan pembiayaan menyebutkan tahun tertentu sebagai batas, tetapi kebanyakan leasing menerapkannya dengan klasifikasi merek. Dan ketentuan merek-merek mana saja yang diperbolehkan sesuai batas tahun pembuatan minimal, tidak akan pernah dipublikasikan terkait kode etik penyebutan brand. Lalu bagaimana caranya agar debitur mengetahui apakah merek mobil yang bpkbnya ingin digadaikan dapat diterima? Tentu saja hanya bisa diketahui secara lisan, bukan tertulis.
  2. Identitas nasabah. Ini adalah syarat wajib yang harus dipenuhi saat pengajuan program gadai bpkb mobil. Biasanya KTP expired atau belum e-ktp dapat dibatalkan permohonannya. Beberapa leasing memberikan alternatif pengganti dokumen persyaratan, misalnya dengan menggunakan passport yang masih berlaku.
  3. Kepemilikan unit. Jika nasabah ingin menggadaikan bpkb khususnya mobil, maka pastikan bahwa anda adalah pemilik sah. Ada perusahaan gadai yang menerapkan wajib atas nama sendiri, tetapi ada pula yang mengijinkan atas nama stnk masih nama orang lain. Di tempat kami adalah leasing gadai yang mengijinkan penggunaan bpkb yang belum balik nama. Asalkan dapat dibuktikan bahwa anda pemilik sah. Misalnya dengan keberadaan faktur atau kuitansi pembelian unit mobil. Jika bukti-bukti ini tidak tersedia, maka permohonan nasabah dapat dibatalkan!
  4. Pemohon tunggal. Ini adalah hal penting yang menjadi ketentuan yang bisa membatalkan permohonan pinjaman yang diajukan debitur. Leasing resmi, bank maupun institusi keuangan yang terdaftar di OJK, pasti menolak jika nasabah tidak mau menyertakan penjamin. Cukup banyak debitur yang mengira bahwa program gadai itu yang penting keberadaan jaminan saja. Dan pendapat ini salah besar! Jika pemohon seorang suami, maka dibutuhkan persetujuan suami. Begitu pula sebaliknya. Jika status nasabah belum menikah, maka program pegadaian bpkb mobil yang diikutinya masih dapat diproses selama orang tua atau saudara kandung yang tertera dalam kartu keluarga (KK) ikut menjamin dan melakukan tanda tangan. Status cerai atau pasangan meninggal biasanya masih bisa diproses selama ada bukti surat kematian maupun surat cerai.gadai bpkb mobil
  5. Ketentuan melampirkan bukti keuangan. Saat ini slip gaji bukanlah suatu keharusan. Di leasing atau bank yang menerima layanan gadai untuk bpkb, khususnya mobil, maka bukti keuangan yang wajib ada adalah rekening tabungan aktif. Zaman sekarang rasanya sulit menemukan perusahaan yang memberikan gaji secara tunai, kecuali kepada karyawan honorer. Sekalipun ada yang memberikan secara tunai, biasanya nasabah menyimpannya di bank. Anda tidak dapat menunjukkan rekening tabungan kepada kreditur? Siap-siap saja permohonan akan dibatalkan sebelum diproses. Karena hal ini ketentuan wajib.
  6. Jika mengajukan program take over kredit mobil, maka pola pembayaran nasabah di leasing sebelumnya sebagai penentu apakah permohonan anda dapat dilanjutkan atau tidak di leasing yang baru. Dan perbandingkan besarnya angsuran cukup berpengaruh. Misalnya pada cicilan sebelumnya sebesar Rp. 3 juta per bulan dan anda cukup sering terlambat membayarkan kewajiban secara tepat waktu. Maka saat mengajukan program take over bpkb mobil dengan nilai angsuran di atas nilai sebelumnya, maka niscaya permohonan tidak dapat diproses. Pembatalan gadai langsung dilakukan saat history payment diterima.
  7. Kondisi unit mobil. Jika kendaraan yang anda miliki mengalami kondisi sebagai berikut: Tidak layak pakai, mogok, mobil full modifikasi (ekstrim), potong chasis (biasanya truk), dan hal lain yang dapat menjatuhkan nilai ekonomis di bawah nilai pasaran, maka bpkbnya tidak dapat digadai. Ini terkait dengan resiko penarikan unit dan dilelang maka sangat jatuh nilainya.
  8. Ketentuan program gadai untuk bpkb mobil mewajibkan unit harus dapat ditunjukkan saat survey. Jika unit sedang digunakan atau bahkan berada di luar kota, sebaiknya tunda saja keinginan mengajukan permohonan. Pembatalan sepihak bisa dilakukan oleh surveyor jika saat berkunjung, dia tidak melihat unit mobil.
  9. Penggunaan bpkb duplikat atau rusak fisik. Ini adalah ketentuan yang tidak pernah dituliskan oleh bank atau leasing. Tetapi jika nasabah mencoba mengajukan pinjaman gadai dengan kondisi bpkb mobilnya yang rusak atau duplikat, maka dalam waktu singkat akan mendapatkan informasi bahwa permohonannya dibatalkan!
  10. Kepemilikan rumah domisili. Ada bank dan leasing yang mewajibkan bahwa pemohon gadai bpkb jenis mobil haruslah berdomisili di rumah milik sendiri. Dan harus dibuktikan dengan PBB atau Rekening Listrik dengan nama sesuai dengan nama nasabah atau pasangannya. Jika rumah belum dibalik-nama, maka wajib menunjukkan akta jual belinya. Di pegadain modern yang kami kelola, mengijinkan nasabah dengan status rumah sewa atau rumah dinas. Jika sewa tahunan, maka wajib melampirkan surat perjanjian sewa rumah. Jika anda menempati rumah dinas, maka harus melampirkan SK penunjukkan rumdin.
  11. Status pekerjaan nasabah. Ada beberapa jenis pekerjaan dari nasabah yang dapat membatalkan permohonan pinjaman. Misalnya pekerjaan yang beresiko tinggi, melanggar hukum, atau bahkan pihak-pihak yang bekerja terkait dengan dokumen perjanjian kredit.

Baca pula: Penawaran gadai bpkb mobil Tuas D

Demikianlah beberapa ketentuan yang sering tidak tertulis (tidak dipublikasikan) oleh lembaga keuangan sistem gadai bpkb, yang dapat membatalkan permohonan pinjaman agunan mobil milik nasabah. Dengan alasan kode etik dan alasan strategi pemasaran, maka peraturan penting ini jarang diungkapkan. Ulasan di atas berbeda dengan alasan kredit ditolak, karena memang belum pernah diproses sebelumnya. Ketentuan ini bersifat sebagai filter pertama sebelum debitur disurvey oleh leasing dan bank.

Bagikan Yuk..

Comments are closed.