Syarat Wajib Program Take Over Kredit Mobil

Berita Tuasd Indonesia

Salah satu jenis pinjaman yang banyak diajukan kepada TuasD adalah take over kredit mobil. Konsepnya adalah memindahkan kreditur pembiayaan dari leasing sebelumnya ke perusahaan pembiayaan kami, tanpa merubah kepemilikan unit. Jadi, program ini berbeda dengan oper alih pemilik. Apa saja syaratnya? Mari kita bahas di bawah ini.

Adapun tujuan program pindah leasing pemberi kredit dalam penawaran take over mobil ini adalah agar nasabah memperoleh dana segar sebagai solusi kebutuhan uang yang mendesak. Tentu saja ada syarat yang harus dipenuhi jika debitur ingin memperoleh fasilitas ini.

Persyaratan Credit Taking Over

Seperti yang sudah pernah kami sampaikan secara sepintas dalam ulasan gadai mobil, maka syarat take over leasing kredit secara detail adalah sebagai berikut:

oper kredit

  1. Telah melampaui sebagian besar tenor. Kami menetapkan setidaknya anda sudah mencicil angsuran sebanyak 70% tenor. Inilah adalah persyaratan yang paling wajib bagi debitur. Program pengalihan leasing ini akan memberikan sisa dana segar kepada nasabah jika mencapai prosentase minimal tersebut. Di kota Jakarta, Depok, Tangerang dan Bogor, permintaan take over kredit ini cukup tinggi, tetapi sayangnya cukup banyak yang belum mencapai 70% tenor. Malah sebagian merupakan kredit yang masih baru. Dengan sangat menyesal, kami tidak dapat meluluskan permohonannya.
  2. Jaminan bpkb yang dialihkan adalah mobil milik sendiri. Pihak leasing, bank, pegadaian maupun institusi jasa keuangan resmi tidak akan menyetujui jika nama pemohon berbeda dengan identitas yang tercatat di leasing sebelumnya. Ini juga merupakan syarat yang wajib dipenuhi jika ingin pinjaman take over diproses. Walaupun anda memiliki perjanjian tertulis dengan pemilik lama, dan selama ini andalah yang mengangsur di leasing, tetapi oper alih kepemilikan dianggap wan-prestasi dan pelanggaran perjanjian dengan lembaga kredit. Silakan cek pada klausula yang tertera dalam copy contract. Syarat ini memiliki perkecualian adalah jika pemohon sudah meninggal. Maka ahli waris masih bisa melakukan pengalihan kredit mobil, selama bukti lengkap. Kondisi ini jarang terjadi karena ahli waris biasanya mendapatkan santunan kematian, sehingga memiliki dana tanpa perlu melakukan proses take over program kredit kendaraan mobil.
  3. Syarat history payment yang bagus. Sebagian besar leasing yang menerima pengalihan kredit mobil mewajibkan kondisi pembayaran yang bagus. Jika anda memindahkan cicilan ke leasing dengan alasan berat di angsuran atau tunggakan yang terjadi lebih dari 30 hari, maka dianggap hanya memindahkan masalah. Karena pengalaman yang tercatat di perusahaan pembiayaan, jenis konsumen yang seperti ini akan mengulang pola pembayaran yang sama di tempat baru.
  4. Syarat dokumen pinjaman untuk program take over bpkb mobil sama dengan layanan gadai biasa (reguler), hanya ditambahi dokumen history payment dari leasing sebelumnya.
  5. Dana talangan pada program over alih kredit haruslah lebih kecil dari nilai pencairan di leasing yang baru.
  6. Permohonan pinjaman jenis ini juga wajib ditanda-tangani oleh pasangan (penjamin).
  7. Syarat usia kendaraan (tahun pembuatan mobil) dan usia debitur juga cukup mempengaruhi persetujuan program.
  8. Biasanya leasing yang menerima layanan kredit take over, hanya akan melakukan proses jika bpkb mobil bisa keluar kurang dari seminggu setelah pinjaman dilunasi. Jika pembiayaan sebelumnya berbentuk leasing atau bank, maka persyaratan ini terpenuhi karena biasanya bpkb bisa keluar kurang dari 7 hari. Tetapi jika pengalihan pinjaman kredit dilakukan dari koperasi, biasanya sulit disetujui karena penerimaan bpkb melampaui batas 7 hari kerja. Wilayah yang paling sering mengalami kondisi ini dalam catatan Tuas D adalah Bekasi dan sekitarnya. Raja gadai Cikarang, Tambun, Bekasi dan Pondok Gede cukup banyak yang dikelola oleh perorangan dengan konsep koperasi.

Demikianlah penjelasan yang berkaitan dengan syarat-syarat pinjaman dana dengan sistem take over dari leasing kredit mobil sebelumnya ke perusahaan pembiayaan kami. Jika anda ingin menanyakan sesuatu yang belum jelas pada persyaratan program ini, jangan ragu untuk menghubungi tim kami via telepon atau pesan WA.

Bagikan Yuk..