memilih ban

Panduan Penting Saat Memilih & Membeli Ban Kendaraan!

Tajuk Utama Terbaru

Ulasan panduan penting jika ingin membeli ban mobil dan motor ini dikemas, terkait dengan memasuki musim hujan di Indonesia. Saat musim seperti ini, cukup banyak kejadian kecelakaan yang disebabkan kondisinya yang sudah tidak layak. Karet yang getas dan rapuh, ban gundul, penuh tambalan dan kondisi permukaannya yang terkikis tidak rata adalah kasus penyebab kecelakaan yang terjadi. Ban merupakan komponen terpenting pada sebuah kendaraan. Kalau bannya tidak ada, apa jadinya kendaraan milikmu? Jelas tidak akan berjalan, kan?

Karena ban merupakan komponen penting, kita perlu mengetahui panduan seperti apa yang bagus untuk ban kendaraan milik kita. Berikut ini beberapa panduan penting yang perlu kamu tahu saat membeli ban mobil dan motor.

Perhatikan Ukuran Ban

Setiap ban mobil dan motor memiliki ukurn yang berbeda-beda. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan tipe dan ukuran ban mobilmu. Kamu bisa mengecek ukuran ban motor atau mobil pada plakat yang ada di pintu atau laci. Bisa juga di belakang tutup tangki untuk mengisi bahan bakar. Adapun huruf yang terdapat pada ban mobil, antara lain:

program tuas d
  • Huruf P, berarti ban dirancang untuk kebutuhan penumpang
  • Huruf LT, berarti ban dirancang untuk mobil sekelas truk
  • Huruf T, berarti ban tersebut merupakan ban temporary atau ban serep
  • Huruf R, berarti ban tersebut merupakan ban Radial

Jika anda tidak menemukan panduan ukuran dan tipe ban mobil atau motor, silakan cari ulasan spesifikasi yang lengkap dan detail. Contohnya pada ulasan spesifikasi mobil Mitsubishi Expander yang telah kami sampaikan. Di tabel paling bawah tertera ukuran ban yang diremonedasikan pabriknya.

Perhatikan Lebar dan Pola Tapak Ban

Saat memperhatikan ukuran ban, jangan lupa untuk memperhatikan lebar ban itu sendiri. Pada umumnya, kecakraman ban semakin tinggi apabila ukuran bannya semakin lebar. Untuk itu, alangkah baiknya jika kamu memilih ban yang lebar dibandingkan ban yang kecil.

Selain lebar, kamu juga perlu memperhatikan pola tapak ban pada sepeda motor atau mobil yang cocok saat membelinya. Pola tapak ban sebaiknya menyesuaikan dengan daerah tempat tinggalmu. Apabila kamu tinggal di daerah yang memiliki curah hujan yang tinggi, sebaiknya pilihlah pola tapak ban berbentuk V. Karena kembangan seperti ini sangat baik untuk menghalau air saat melaju di atasnya.

Selain itu, pola tapak ban V memiliki akselerasi yang lebih tinggi dibandingkan pola tapak ban lainnya. Tidak hanya itu, tapak ban V juga lebih mudah dikendalikan saat setiap kali kendaraanmu ingin berbelok.

Perhatikan Ketebalan Ban

Satu hal yang perlu diingat sebelum membeli ban mobil, yaitu jangan pernah membeli ban hanya karena kece saja. Sekece apapun ban tersebut kalau tidak handal, buat apa? Nah, maka dari itu, penting bagimu untuk mengecek ketebalan ban. Agar perjalananmu di jalan rusak sekalipun dapat berjalan mulus tanpa gangguan.

Perusahaan ban biasanya menetapkan standar khusus untuk setiap ban yang diproduksinya. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko buruk bagi si pengemudi dan penumpang di dalam mobil tersebut.

memilih ban motor dan mobil

Perhatikan Kode Kecepatan

Ban tipe apapun itu, pastilah memiliki kode kecepatan agar si pemilik lebih mudah mengganti ban setiap kali ban sudah botak atau bocor. Kode kecepatan ban bisa kamu lihat di huruf terakhir dari kode ban mobil. Kalau kamu tidak menemukannya, kamu bisa mengecek bagian dinding ban, mungkin saja akan tercetak di bagian situ.

Salah satu kode kecepatan ban yaitu huruf “V”. Kode “V” ini berarti menunjukkan kecapatan maksimal yang dapat ditempuh oleh ban mobil. Pada umumnya, kecepatan maksimal kode V ini adalah 240 kph.

Pilih Ban Sesuai Kebutuhan

Artinya, jangan membeli ban hanya karena untuk tampilan mobio dan motor semata. Jika kendaraan tersebut merupakan alat transportasi sehari-hari untuk kerja atau bahkan perjalanan jauh ke luar kota, sebaiknya pilih yang nyaman. Jika kebutuhanmu untuk melintasi daerah yang basah sehari-hari, berarti kebutuhan pola kembangan tapak ban memiliki peran paling penting!

Itulah 4 hal yang perlu diperhatikan saat membeli ban mobil. Oh ya, ban mobil biasanya dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Apalagi kalau harga mobil kesayanganmu mahal, jelas sudah kalau harga bannya mahal. Sedangkan untuk sepeda motor, biasanya yang mahal adalah jenis yang terkait fashion (tampilan).

Baca juga: Spesifikasi Motor Yamaha Nmax Terbaru

Nah, semahal apapun harga ban mobilmu nanti, jangan pernah pelit mengeluarkan uang untuk mengganti ban lama dengan ban baru. Apalagi kalau ban lama sudah keropos. Boros sedikit tidak apalah ya demi keselamatan selama mengemudi.

Beli ban mobil? Ga perlu bingung lagi ya! Dengan tips ini, kamu dijamin bisa memilih ban yang sesuai dengan tipe mobilmu.

Bagikan yuk..

Comments are closed.